Rinaji, Pondra Gilang (2020) Perancangan Logo Dan Identitas Visual Perusahaan Aksesoris Nawidji. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia.
Text (Cover Abstrak)
Cover Abstrak_Pondra Gilang R 11171039_2020.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I_Pondra Gilang R 11171039_2020.pdf - Published Version Download (168kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II_Pondra Gilang R 11171039_2020.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III_Pondra Gilang R 11171039_2020.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV_Pondra Gilang R 11171039_2020.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V_Pondra Gilang R 11171039_2020.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
Menurut Bekraf kontribusi pertumbuhan ekonomi kreatif di Indoneisa saat ini yang terbanyak berasal dari para pelaku UMKM. Pertumbuhan ekonomi yang signifikan ini juga merupakan peran serta pemertintah yang mulai memperhatikan sektor ekonomi kreatif khususnya para pelaku UMKM. Berdasarkan data Bekraf Indonesia memiliki 16 subsektor ekonomi kreatif dengan fokus pengembangan unggulananya adalah kriya, kuliner, dan fashion. Nawidji merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang kriya kerajinan logam yang menghasilkan produk –produk berupa perhiasan contohnya anting dan cincin. Akan tetapi banyak produk hasil kerajinan lokal masih tidak mendapat tempat dihati masyarakat dalam negeri. Karena para pelaku industri kurang memahami bagaimanam cara mempresentasikan produk mereka secara layak agar dapat diterima oleh konsumen yang akan ditargetkan. Oleh sebab itu dibutuhkan perancangan yang akan mengahsilkan logo dan identias visual yang dapat menunjang upaya promosi hasil produk kerajinan UMKM. Perancangan ini menggunakan metode wawancar, kepustakaan, internet dan metode penilitian kualitatif untuk mendapatkan data visual dan verbal. Dalam proses analisa dan peracangan ini dilakukan menggunakan prinsip dan kaidah desain grafis yang mengacu pada kajian perancangan logo, penerapan desain, layout dan tipografi. Hasil perancangan ini berupa logo dan identitas visual Nawidji yang diaplikasikan pada media pendukung seperti stationery kit, packaging, label, papan nama dan katalog dll. Perancangan logo dan identitas visual Nawidji ini bertujuan untuk membangung citra dan brand awareness Nawidji sesuasi dengan entitasnya serta berupaya menumbuhkan rasa percaya terhadap produk lokal sehingga dapat memperluas pasar dan mendapatkan pembeli baru, karena sebuah tampilan atau identitas produk akan sangat menentukan keputusan pembelian. Kata Kunci : Logo, identitas visual, kerajinan, perhiasan, flora, budaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B. Skripsi |
Divisions: | Jurusan > DKV |
Depositing User: | Unnamed user with email adminperpus@stsrdvisi.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 03:22 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 03:22 |
URI: | http://repository.stsrdvisi.ac.id/id/eprint/499 |
Actions (login required)
View Item |