Matheus, Buyung Rindarta (2022) Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Seni Budaya Ragam Hias Betawi bagi Siswa SMP Santo Andreas Kedoya Jakarta Barat. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain VISI Indonesia.
Text
11201030_Matheus_Buyung_ BAB 1.pdf - Published Version Download (98kB) |
|
Text
11201030_Matheus_Buyung_ BAB 2.pdf - Published Version Download (490kB) |
|
Text
11201030_Matheus_Buyung_ BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
Text
11201030_Matheus_Buyung_ BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
11201030_Matheus_Buyung_ BAB 5.pdf - Published Version Download (609kB) |
|
Text
11201030_Matheus_Buyung_ COVER.pdf - Published Version Download (127kB) |
Abstract
Membuat media pembelajaran yang efektif dan menarik untuk siswa oleh pengajar/guru bidang studi merupakan kewajiban seorang guru agar pembelajaran menjadi lebih baik dan memberikan pemahaman materi ke siswa lebih efisien, menyenangkan, dan lebih menarik. Di sekolah SMP Santo Andreas adalah sebuah sekolah Katholik dengan kurikulum 2013 akreditasi A dengan siswa yang hampir 200 siswa dari kelas 7 hingga kelas 9. Kebutuhan akan sebuah kreatifitas untuk membuat pembelajaran dari para guru di era Digital ini sudah merupakan keharusan. Sehingga diperlukan sesuatu yang bisa dirancang sebagai pendamping pembelajaran offline yang dilaksanakan sepertia biasa. Seperti sebuah aplikasi pembelajaran yang bisa diakses baik offline maupun online untuk menambah wawasan siswa. Tentunya dengan visual yang memang menarik bagi mereka dan mudah digunakan. Sebelumnya para guru menggunakan aplikasi Power Point dan sejenisnya untuk memberikan pembelajaran ke siswa dalam bentuk slide ataupun animasi. Sekarang sudah sudah semakin harus lebih invovatif lagi dengan memberikan aplikasi berbasis android ke siswa, agar mereka bisa mempelajarinya dikala senggang, baik dirumah, di mall ataupun kegiatan lainnya. Kebutuhan pembelajaran tidak hanya terbatas di sekolah namun di mana saja dan aplikasi berbasis android ini adalah salah satu solusinya. Aplikasi diuji ke siswa dan mereka mencobanya baik dikelas maupun di rumah ataupun ketika berpergian. Hasilnya cukup baik responnya, kebanyakan merasa lebih jelas dan terbantu dengan aplikasi pembelajaran seperti itu. Yang harus dipelajari nanti oleh para guru dan sekolah -sekolah swasta dan negeri, pembuatan aplikasi ini harus menjadi media pendamping pembelajaran ke siswa, jadi harus menyediakan waktu dan prasarana untuk membuatnya. Tidak tergantung kepada kelas offline tapi juga media online.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B. Skripsi |
Divisions: | Jurusan > DKV > Sarjana |
Depositing User: | Unnamed user with email adminperpus@stsrdvisi.ac.id |
Date Deposited: | 02 May 2023 07:40 |
Last Modified: | 02 May 2023 07:40 |
URI: | http://repository.stsrdvisi.ac.id/id/eprint/616 |
Actions (login required)
View Item |