Dewinta P, Lini Estetia Prasasti (2020) Perancangan Boardgame “Cocobu” Sebagai Upaya Mengurangi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Blitar. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia.
Text (Cover Abstrak)
Cover Abstrak_Lini Estetia 11161031_2020.pdf - Published Version Download (779kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I_Lini Estetia 11161031_2020.pdf - Published Version Download (201kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II_Lini Estetia 11161031_2020.pdf - Published Version Download (474kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III_Lini Estetia 11161031_2020.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV_Lini Estetia 11161031_2020.pdf - Draft Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V_Lini Estetia 11161031_2020.pdf - Published Version Download (891kB) |
Abstract
Masuknya era globalisasi ke Indonesia berdampak pada perkembangan teknologi dan informasi. Dengan adanya perkembangan ini semakin banyak teknologi yang hadir dan sangat membantu manusia dari segala usia salah satunya adalah gawai. Terlepas dari banyaknya manfaat yang disediakan oleh gawai, penggunaan gawai yang berlebihan dapat menimbulkan rasa ketergantungan. Anak pada usia dini termasuk salah satu objek yang rawan memiliki rasa ketergantungan pada gawai yang artinya anak tidak bisa lepas dari gawai. Penggunaan gawai yang berlebihan pada anak dapat menyita waktu untuk mengeksplorasi lingkungan dan mengembangkan kemampuannya untuk mengoptimalkan perkembangan pada masa keemasannya. Masa keemasan atau Golden Age adalah masa dimana perkembangan berbagai aspek pada anak berjalan secara pesat dan hanya terjadi sekali seumur hidup. Maka akan lebih baik jika pada masa itu orangtua mengontrol penggunaan gawai pada anak dan membimbing serta memberikan rangsangan atau stimulus yang tepat guna mengoptimalkan perkembangan anak. Boardgame menjadi salah satu media yang dapat membantu merangsang perkembangan anak dan dapat menjadi media untuk mengurangi penggunaan gawai pada anak. Dengan bermain boardgame anak akan melakukan aktivitas bermain namun juga belajar sehingga materi atau pengetahuan yang dipelajari akan lebih mudah diserap karena dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Perancangan boardgame Cocobu yang berkonsep permainan puzzle susun mencocokkan warna bertujuan untuk mengajak anak belajar warna dan dapat membantu mengoptimalkan perkembangan visual pada aspek kognitif anak usia dini serta untuk membantu mengurangi angka ketergantungan gawai pada anak. Kata kunci: anak usia dini, golden age, boardgame, ketergantungan gawai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B. Skripsi |
Divisions: | Jurusan > DKV |
Depositing User: | Unnamed user with email adminperpus@stsrdvisi.ac.id |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 03:22 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 03:22 |
URI: | http://repository.stsrdvisi.ac.id/id/eprint/492 |
Actions (login required)
View Item |