Perancangan Buku Interaktif Permainan Tradisional “Engklek” Untuk Anak-Anak

Sariningrum, Ramitha Mawangi Dyah Ayu (2021) Perancangan Buku Interaktif Permainan Tradisional “Engklek” Untuk Anak-Anak. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia.

[img] Text (Cover)
Cover Abstrak_Ramitha Mawangi Dyah AS 11171046_2021.pdf - Published Version

Download (662kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_Ramitha Mawangi Dyah AS 11171046_2021.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II_Ramitha Mawangi Dyah AS 11171046_2021.pdf - Accepted Version

Download (732kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_Ramitha Mawangi Dyah AS 11171046_2021.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_Ramitha Mawangi Dyah AS 11171046_2021.pdf - Draft Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V_Ramitha Mawangi Dyah AS 11171046_2021.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.stsrdvisi.ac.id/

Abstract

Permainan Engklek merupakan permainan tradisional yang dikenal di berbagai kalangan masyarakat Indonesia bahkan hingga mancanegara. Engklek juga dikenal dengan sebutan Sunda Manda, Sondah, Angkling, dll. Permainan ini sudah ada sejak jaman romawi kuno. Permainan Engklek dimainkan pada bidang datar dengan membuat gambar dan rules permainanya adalah melompat dengan satu kaki, permainan Engklek biasanya dimainkan 2 hingga 5 anak. Namun belum banyak buku yang memuat cerita tentang permainan Engklek bagi anak usia 4-10 tahun. Hal tersebut menjadi dasar perancangan buku cerita interaktif ini. Pada buku cerita bergambar tersebut memuat elemen visual dan verbal yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada target audience. Adaptasi cerita, ilustrasi, jenis karakter dan pemilihan warna disesuaikan dengan selera target audience. Perancangan ini menggunakan metode pendekatan langsung terhadap anak. Hasil dari perancangan ini berupa buku yang berukuran 20cm x 20cm karena ukuran tersebut dirasa mudah dibawa oleh anak-anak. Menggunakan warna yang colorfull dengan teknik hand drawing agar memberi kesan childish. Pemilihan kalimat menggunakan bahasa yang ringan dan sederhana agar pesan yang disampaikan mudah dipahami oleh target audience. Pembuatan ekspresi ilustrasi juga dipertimbangkan agar menarik, pemilihan layout yang sederhana juga dipertimbangkan agar anak-anak betah untuk membaca. Kata kunci : Buku cerita cerita bergambar, Interaktif, Permainan Engklek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Skripsi
Divisions: Jurusan > DKV
Depositing User: Unnamed user with email adminperpus@stsrdvisi.ac.id
Date Deposited: 23 May 2022 04:42
Last Modified: 23 May 2022 04:42
URI: http://repository.stsrdvisi.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item